Friday, July 26, 2019

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK BAB V


BAB V
PENUTUP

A.      Kesimpulan
       Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Dalam proses pembelajaran di kelas X B sebelum diterapkan model pembelajaran STAD siswa kurang aktif dimana masih banyak terlihat siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru atau tidak memperhatikan guru, masih banyak siswa yang mengobrol sendiri asik berbicara di luar materi pembelajaran. Dilihat pada nilai latihan harian siswa dimana kelas X A ada 10 dari 35  siswa yang belum mencapai  KKM jika dipresentasekan sebesar 28,58%. Dikelas X B ada 6 dari 28 siswa yang belum memenuhi KKM jika dipresentsekan sebesar 21,43%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 63 siswa terdapat 16 siswa yang belum memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75.
2.    Penerapan model STAD lebih unggul apabila dibandingkan dengan   Pelaksanaan model pembelajaran konvensional. Unggulnya penerapan model pembelajaran STAD tampak pada tahapan belajar dalam kelompok (Teams), tahapan diskusi, serta tahap mengerjakan soal. siswa terihat lebih bekerja sama, belajar lebih rileks, aktif dan berpartisipsi, serta siswa lebih semangat dan termotivasi selama proses belajar mengajar didalam kelas. Sedangkan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa terlihat membosankan, tidak serius, serta mudah mengantuk selama proses belajar mengajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif digunakan pada mata pelajaran ekonomi dengan materi indeks harga.
3.    Hasil Belajar pertemuan kedua berupa post-test sebanyak 5 soal yang sudah divalidasi. Dikelas X B (eksperimen) diberikan pada hari rabu 24 Mei 2017, dengan siswa yang mengikuti sebanyak 26 dari 28 siswa karena 2 siswa berhalangan hadir, sedangkan dikelas X A (kontrol) diberikan pada hari senin, 22 Mei 2017 dengan siswa sebanyak 32 dari 35 siswa karena 3 siswa juga berhalangan hadir. Waktu yang diberikan kepada siswa selama 80 menit dengan guru ekonomi. Selama proses siswa mengerjakan soal berlangsung, tidak ada kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses pemberian post-test yang dikerjakan oleh siswa dengan aman, lancar, dan terkendali.
4.    Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas x pada pelajaran ekonomi di Sma Kristen Abdi Wacana Pontianak, dapat diketahui setelah menghitung hasil post-test kedua kelas menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (independent samples T Test) dengan aplikasi SPSS v22.0 for windows. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pada hasil belajar siswa dengan effect size tergolong tinggi sebesar 0,80. Artinya ada hubungan penerapan model STAD dengan hasil belajar siswa dan dikategorikan tinggi.
       Adapun saran yang diberikan oleh peneliti untuk pelaksanaan proses pembelajaran yang selanjutnya agar lebih baik adalah sebagai berikut:
B.       Saran
       Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka peneliti ingin memberikan beberapa saran guna meningkatkan hasil belajar dan memperbaik kualitas belajar mengajar. Adapun saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diantaranya:
1.    Saran untuk guru, model pembelajaran STAD efektif digunakan didalam kelas dengan dibuktikan pada hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang berperan aktif selama proses belajar mengajar dan membuat siswa termotivasi dan semangat dalam belajar, serta membuat siswa lebih rileks belajar maka guru lebih sering menggunakan model pembelajaran STAD dengan materi yang sesuai dimana model pembelajaran STAD cocok untuk diterapkan dan siswa lebih memahami materi yang disampaikan.
2.    Saran untuk peneliti, dilihat pada observasi untuk guru selama mengajar tidak semua terlaksanakan atau terealisasi dikarenakan waktu yang tidak cukup dan materi terlalu banyak. Oleh karena itu, apabila ingin penelitian dengan menggunakan model pembelajaran STAD diharapkan dapat memilih materi yang sesuai, dan waktu harus diperhatikan karena dengan model STAD ini banyak memakan waktu.



DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Adji Wahyu, Suwerli, Suratno. (2007). Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Degeng, Nyoman S.(2013). Ilmu pembelajaran. Bandung: Kalam Hidup
Dimyati  &  Mudjiono. (2010).  Belajar  dan  Pembelajaran.  Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dirjendasmen Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Eprints.uny.ac.id/9960/1/JURNAL%20ILMIAH.pdf . diakses pada tanggal  4 April  2017.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Edukasi Press FKIP Untan
Https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan. (KTSP) atau Kurikulum 2006. diakses pada tanggal 30 Maret 2017.
Huda, Miftahul (2013). Model pembelajaran dan pengajaran:  Yogyakarta. Pustaka pelajar
Istarani dan pulungan, intan. (2015). Ensiklopedia Pendidikan:  Medan: Larispa
Kurnialita Eli. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Tipe Student Teamsachievement Division Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Pontianak: Pontianak
Margono,  S.  (2014).  Metodologi  Penelitian  Pendidikan.   Jakarta:  PT Rineka Cipta.
Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press
Nana Sudjana. (2008). (Online). (http://matematika.upi.edu.diakses tanggal 27 Juni 2017).
Razi Fahrul. (2011). Strategi Pembelajaran. Pontianak: Press.  
Rusman .(2013). Model-model pembalajran. Bandung:  PT Rajagrafindo persada
Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian  Yogyakarta : Andi
Slavin, Robert (2010). Cooperative Learning. Bandung : Nusa media
Sugiyono. (2015). Metoden Penelitian  Pendidikan  Pendekatan  Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suyadi. (2013). Libas skripsi dalam 30 hari. Jogjakarta : Diva press
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang  Mempengaruhinya. Jakata: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model Pembalajran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka PUBLISHER. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana
Unit pembelajaran FKIP Untan. (2016). Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan-1 (Micro Teaching). Pontianak: FKIP UNTAN.
Usman, Husaini & Setiady, Akbar, Purnomo. (2008). Pengantar Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ucu,Maolani, Rukaish. (2015) Metode  Penelitian  Pendidikan  Pendekatan. Jakarta: PT Rajagrafindo persada
Undang-Undang RI No. 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:  Citra Umbara.
Pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/513/305. diakses pada tanggal  4 April  2017.







0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home