SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK BAB V
BAB
V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Dalam proses pembelajaran di kelas X B
sebelum diterapkan model pembelajaran STAD
siswa kurang aktif dimana masih banyak terlihat siswa yang tidak mendengarkan
penjelasan guru atau tidak memperhatikan guru, masih banyak siswa yang
mengobrol sendiri asik berbicara di luar materi pembelajaran. Dilihat pada
nilai latihan harian siswa dimana kelas X A ada 10 dari 35 siswa yang belum mencapai KKM jika dipresentasekan sebesar 28,58%.
Dikelas X B ada 6 dari 28 siswa yang belum memenuhi KKM jika dipresentsekan
sebesar 21,43%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan siswa kelas X
yang berjumlah 63 siswa terdapat 16 siswa yang belum memenuhi KKM yang
ditentukan yaitu 75.
2.
Penerapan model STAD lebih unggul apabila dibandingkan dengan Pelaksanaan model pembelajaran konvensional.
Unggulnya penerapan model pembelajaran
STAD tampak pada tahapan belajar dalam kelompok (Teams), tahapan diskusi, serta tahap mengerjakan soal. siswa
terihat lebih bekerja sama, belajar lebih rileks, aktif dan berpartisipsi,
serta siswa lebih semangat dan termotivasi selama proses belajar mengajar didalam
kelas. Sedangkan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa terlihat
membosankan, tidak serius, serta mudah mengantuk selama proses belajar
mengajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif digunakan pada mata pelajaran ekonomi dengan materi
indeks harga.
3.
Hasil Belajar pertemuan kedua berupa post-test sebanyak 5 soal yang sudah
divalidasi. Dikelas X B (eksperimen) diberikan pada hari rabu 24 Mei 2017,
dengan siswa yang mengikuti sebanyak 26 dari 28 siswa karena 2 siswa berhalangan
hadir, sedangkan dikelas X A (kontrol) diberikan pada hari senin, 22 Mei 2017
dengan siswa sebanyak 32 dari 35 siswa karena 3 siswa juga berhalangan hadir.
Waktu yang diberikan kepada siswa selama 80 menit dengan guru ekonomi. Selama
proses siswa mengerjakan soal berlangsung, tidak ada kendala yang dihadapi oleh
guru maupun siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses pemberian post-test yang dikerjakan oleh siswa
dengan aman, lancar, dan terkendali.
4.
Penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas x pada pelajaran ekonomi di Sma
Kristen Abdi Wacana Pontianak, dapat diketahui setelah menghitung hasil post-test kedua kelas menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (independent
samples T Test) dengan aplikasi SPSS
v22.0 for windows. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan
pada hasil belajar siswa dengan effect
size tergolong tinggi sebesar 0,80.
Artinya ada hubungan penerapan model STAD dengan hasil belajar siswa dan
dikategorikan tinggi.
Adapun saran yang diberikan oleh peneliti untuk
pelaksanaan proses pembelajaran yang selanjutnya agar lebih baik adalah sebagai
berikut:
B.
Saran
Berdasarkan penelitian
yang sudah dilakukan, maka peneliti ingin memberikan beberapa saran guna
meningkatkan hasil belajar dan memperbaik kualitas belajar mengajar. Adapun
saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan
diantaranya:
1.
Saran untuk guru, model pembelajaran STAD efektif digunakan didalam kelas
dengan dibuktikan pada hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang berperan
aktif selama proses belajar mengajar dan membuat siswa termotivasi dan semangat
dalam belajar, serta membuat siswa lebih rileks belajar maka guru lebih sering
menggunakan model pembelajaran STAD dengan
materi yang sesuai dimana model pembelajaran STAD cocok untuk diterapkan dan siswa lebih memahami materi yang
disampaikan.
2.
Saran untuk peneliti, dilihat pada
observasi untuk guru selama mengajar tidak semua terlaksanakan atau terealisasi
dikarenakan waktu yang tidak cukup dan materi terlalu banyak. Oleh karena itu,
apabila ingin penelitian dengan menggunakan model pembelajaran STAD diharapkan dapat memilih materi
yang sesuai, dan waktu harus diperhatikan karena dengan model STAD ini banyak memakan waktu.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta.
Adji Wahyu, Suwerli, Suratno. (2007). Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:
Erlangga.
Aunurrahman.
(2012). Belajar dan Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta
Degeng,
Nyoman S.(2013). Ilmu pembelajaran.
Bandung: Kalam Hidup
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Dirjendasmen Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Eprints.uny.ac.id/9960/1/JURNAL%20ILMIAH.pdf
. diakses pada
tanggal 4 April
2017.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.
Pontianak: Edukasi Press FKIP Untan
Https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan.
(KTSP) atau Kurikulum 2006. diakses pada tanggal 30 Maret 2017.
Huda, Miftahul (2013). Model pembelajaran dan pengajaran: Yogyakarta. Pustaka pelajar
Istarani dan pulungan, intan. (2015). Ensiklopedia
Pendidikan: Medan:
Larispa
Kurnialita Eli. (2016). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Tipe Student Teamsachievement Division
Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Pontianak: Pontianak
Margono, S.
(2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Nawawi,
Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yokyakarta: Gadjah Mada
University Press
Razi Fahrul. (2011). Strategi Pembelajaran. Pontianak: Press.
Rusman
.(2013). Model-model pembalajran. Bandung: PT Rajagrafindo persada
Suwartono. (2014).
Dasar-dasar Metodologi Penelitian
Yogyakarta : Andi
Slavin,
Robert (2010). Cooperative Learning. Bandung
: Nusa media
Sugiyono. (2015). Metoden
Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suyadi. (2013). Libas
skripsi dalam 30 hari. Jogjakarta : Diva press
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhinya. Jakata: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model Pembalajran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka PUBLISHER. 2011. Pengantar
Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga
Kependidikan. Jakarta: Kencana
Unit
pembelajaran FKIP Untan. (2016). Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan-1 (Micro
Teaching). Pontianak: FKIP UNTAN.
Usman,
Husaini & Setiady, Akbar, Purnomo. (2008). Pengantar Statistik. Jakarta: PT Bumi
Aksara
Ucu,Maolani,
Rukaish. (2015) Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan.
Jakarta: PT Rajagrafindo persada
Undang-Undang RI No. 20. (2003). Tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:
Citra Umbara.
Pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/513/305.
diakses pada
tanggal 4 April
2017.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home