Saturday, February 22, 2020

Contoh Proposal Kegiatan


MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA BARU




1. LATAR BELAKANG

Siswa/I baru SMK Santa Monika tahun pelajaran 2019/2020 merupakan calon generasi muda yang akan mengisi dan mengambil peran pada era persaingan global yang kian kompetitif, dan Indonesia Emas 2045. Sehingga, perlu diciptakan manusia yang kedepannya lebih siap untuk menghadapi era persaingan global dan menuju Indonesia Emas.
Setiap jenjang pendidikan memiliki ciri khusus yang membedakan dengan jenjang lainnya, adanya jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan dijenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan di ganti dengan cara belajar baru yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis siswa. Untuk itu perlu adanya upaya menjembatani siswa mengenal berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun program belajar. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Sejak tahun 2014, kegiatan mengenal lingkungan sekolah  dikenal dengan istilah Masa Orietasi Peserta Didik baru  (MOPD). Dalam praktiknya, MOPD belum dapat berjalan secara efektif dan efisien. Banyak bentuk kegiatan MOPD yang justru kontra produktif dengan tujuanya. Bahkan tidak jarang pula dijumpai prktik-prktik yang sebagaimana mestinya tidak patut untuk dilakukan dalam kegiatan sebagaimana dimaksud. Hal inilah kemudian meninisiasi pemerintah untuk mengubah konsep MOPD menjadi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, yang ditandai dengan lahirnya PERMENDIKBUD Nomor 18 Tahun 2016.
MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Merupakan kegiatan yang tujuannya untuk mengenalkan lingkungan sekolah baru bagi siswa siswi yang baru saja akan memulai belajar disebuah sekolah. Dan juga mengingat perlunya adaptasi bagi siswa baru maka sangat diperlukan bimbingan dan arahan untuk mengenali lingkungan sekolah tersebut. Kegiatan MPLS dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai peraturan dan tata tertib sekolah, sehingga siswa dapat mengetahui aturan-aturan dan kebiasaan yang ada di SMK Santa Monika.
Dalam kehidupan sehari hari perilaku baik dan berakhlak mulia sangat diperlukan oleh semua pihak. Oleh sebab itu maka perlu untuk membangun karakter kepribadian berakhlak mulia. Karakter merupakan unsur pokok dalam diri manusia yang dengannya membentuk karakter psikologi seseorang dan membuatnya berperilaku sesuai dengan dirinya dan nilai yang cocok dengan dirinya dalam kondisi yang berbeda-beda. Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, tempramen, ciri khas dan juga prilaku seseorang.
Akhlak yang mulia merupakan cermin kepribadian seseorang, selain itu akhlak yang mulia akan mampu mengantarkan seseorang kepada martabat yang tinggi. Penilian baik dan buruknya seseorang sangat ditentukan melalui akhlaknya. Jadi, pengetahuan tentang nilai akhlak besar pengaruhnya dalam membangun karakter kepribadian seseorang, apalagi dalam kondisi masyarakat kompleks seperti sekarang ini. Banyak kemajuan diberbagai bidang, tekhnologi, ekonomi, dan sebagainya yang sejatinya menggerus nilai-nilai akhlak manusia. Akhir-akhir ini akhlak yang baik merupakan hal yang semakin memudar dan sulit dicari.
Berdasarkan latar belakang sebagaimana telah dikaji dalam proposal ini, maka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa/i Baru SMK SANTA MONIKA Tahun 2018 mengambil tema “Membangun Karakter Kepribadian Dengan Akhlak”.



2. DASAR KEGIATAN
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siwa Baru SMK Santa Monika didasarkan pada:
a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
b. Hasil Rapat Panitia MPLS tahun pelajaran 2019/2020 pada hari Selasa tanggal 09 juli 2019.


3. TUJUAN
Tujuan dari pengadaan kegiatan MPLS adalah:
a. Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan sekolah dilingkungan SMK Santa Monika.
b. Membekali siswa baru dengan akhlak mulia.
c. Agar siswa baru mengenal dan menyatu dengan keluarga besar SMK Santa Monika dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti rangkaian program belajar mengajar serta berbagai peraturan dan kebiasaan dilingkungan SMK Santa Monika.
d. Membekali siswa baru dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan guna mengikuti proses kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien.


4. MANFAAT
Manfaat dari pengadaan kegiatan MPLS adalah:
a. Membantu siswa baru mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.
b. Membantu siswa baru mengenal dan menyatu dengan keluarga besar SMK Santa Monika dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti rangkaian program belajar mengajar serta berbagai peraturan dan kebiasaan dilingkungan SMK Santa Monika.
c. Mendorong siswa bersikap proaktif, dalam mengenali peran Guru, tenaga kependidikan, dan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan.
d. Mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan antar siswa dan lingkungan, serta kehidupan bermasyarakat.


5. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan merupakan serangkaian aktivitas yang dikerjakan untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun kegiatan sebagaimana dimaksud dalam proposal ini merupakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa/i Baru SMK SANTA MONIKA Tahun 2018 dengan tema “Membangun Karakter Kepribadian Dengan Akhlak”. Kegiatannya terdiri dari penyampaian materi dari beberapa materi yang sudah mengacu pada silabus Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru pada PERMENDIKBUD No. 18 Tahun 2016. Untuk mengisi dan melengkapi kegiatan utama tersebut juga diiringi dengan kegiatan lain diantaranya memainkan beberapa permainan outdoor yang dimainkan secara berkelompok. Tujuannya agar dapat terbangun rasa kekeluargaan dan kebersamaan sebagaimana telah dipaparkan pada bagian tujuan dalam proposal ini.


6. PESERTA
Peserta merupakan orang yang ikut serta dalam sebuah kegiatan. Adapun peserta pada kegiatan ini adalah seluruh siswa siswi baru SMK Santa Monika Tahun ajaran 2019-2020.


7. PELAKSANAAN
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru akan dilaksanakan pada tanggal :
Hari, Tanggal : 9, 10dan11juli 2018
Pukul : 07.30 WIB s/d Selesai
Tempat : SMK Santa Monika
Adapun susunan kepanitiaan dan pembiayaan serta berbagai aspek lainnya terdapat pada bagian lampiran.


8. PENUTUP
Demikian proposal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru dibuat, untuk meningkatkan mental dan fisik serta berpikir kreatif dan inovatif bagi siswa baru, serta memiliki karakter kepribadian yang berakhlak mulia. Sebab seseorang harus memiliki jiwa yang bertanggung jawab, sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya sebagai peserta didik yang ramah dan santun. Dan juga jiwa patriotisme serta nasionalisme yang ada dalam diri. Untuk itu kami segenap panitia yang tergabung, dalam kegiatan MPLS bagi siswa baru SMK Santa Monika tahun pelajaran 2018/2019, sangat mengharapkan persetujuan dari Bapak Kepala Sekolah SMK Santa Monika. Semoga usulan ini dapat terlaksana dengan lancar sebagaimana yang kita harapkan. Atas persetujuan dan kerja sama dari Bapak kepala Sekolah, kami ucapkan terima kasih.







Sungai Raya,
Menyetujui                                                                                                 
Kepala SMK Santa Monika Ketua


Drs.Andreas Leniwati

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home