Saturday, February 29, 2020

Contoh Soal kurikulum pendidikan dan jawaban


SOAL 1
Prinsip NCTM (2000) ada 5 (lima). Kemukakan dengan contoh-contoh bahwa kelima prinsip tersebut relevan dengan kurikulum 2013!
Jawab:
1. The Equity Principle (Prinsip Kesetaraan)
Contoh:
Di dalam suatu kelas tentunya siswa terdiri dari berbagai latar belakang kehidupan sosial yang berbeda contohnya ada siswa yang dari daerah sekolah ke kota. Mereka perlu mendapatkan kesetaraan pendidikan matematika yang sama dengan yang lainnya. Pesan yang kuat dari prinsip kesetaraan adalah harapan yang tinggi untuk semua siswa. Semua siswa harus mempunyai kesempatan dan dukungan yang cukup untuk belajar matematika tanpa memandang karakteristik personal, latar belakang ataupun hambatan fisik (NCTM, 2000: 12). Tentunya hal ini relevan dengan kurikulum 2013.

2. The Curriculum Principle (Prinsip Kurikulum)
Contoh:
Dalam pengembangan kurikulum matematika disekolah, bukan hanya berisikan serangkaian aktifitas atau kegiatan dan materi, namun lebih dari itu. Matematika yang penting adalah rancangan guru dalam membuat materi untuk siswa, sehingga siswa bias berkembang. Hal ini sangat relevan dengan kurikulum 2013. Dalam NCTM, 2000: 15) Agar siswa memiliki kemampuan terhadap matematika, maka pengembangan kurikulum matematika sekolah diarahkan pada lima tujuan umum, yaitu:
a. Siswa belajar menghargai matematika
b. Siswa membangun kepercayaan diri terhadap kemampuannya dalam menggunakan matematika
c. Siswa menjadi pemecah masalah
d. Siswa belajar komunikasi secara matematis
e. Siswa belajar bernalar matematis

3. The Teaching Principle (Prinsip Pembelajaran)
Contoh:
Dalam prinsip pembelajaran ini guru harus paham:
a. Apa yang siswa tahu
b. Apa yang siswa perlukan
c. Memberi tantangan
d. Memberi dukungan dengan memberi topangan
Hal ini relevan dengan kurikulum 2013
4. The Learning Principle (Prinsip Belajar)
Contoh:
Para siswa harus belajar matematika dengan pemahaman, secara aktif membangun pengetahuan baru dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya (NCTM, 2000: 20). Ketika siswa ditantang dengan tugas-tugas yang sulit, siswa menjadi percaya diri dalam kemampuan mereka untuk mengatasi soal-soal yang sulit, fleksibel dalam mengeksplorasi ide-ide matematika dan mencoba beberapa alternative solusi dengan bersemangat dan bekerja keras. Hal ini tentunya relevan dengan kurikulum 2013.

5. The Assesment Principle (Prinsip Penilaian)
Contoh:
Penilaian harus mendukung pembelajaran matematika yang penting dan memberi informasi yang berguna bagi guru dan siswa (NCTM, 2000: 22). Hal ini relevan dengan kurikulum 2013.

6. The Technology Principle (Prinsip Teknologi)
Contoh:
Teknologi penting dalam belajar dan mengajar matematika; teknologi mempengaruhi matematika yang diajarkan dan meningkatkan proses belajar siswa (NCTM, 2000: 24). Hal ini relevan dengan kurikulum 2013.
SOAL 2
RPP yang selama ini dipakai di lapangan terkesan hanya untuk formalitas. Kenyataannya, guru mengajar cenderung hanya menggunakan buku paket pada kurikulum yang berlaku. Padahal buku paket matematika yang disusun itu, isinya cenderung kurang sesuai dengan apa yang diketahui siswa. Agar lebih aspiratif dan merdeka dalam menyusun RPP, silahkan Anda susun suatu RPP yang singkat tetapi tetap mempreskripsikan langkah-langkah belajar
Jawab:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Katolik Santa Maria
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Program Linear
Alokasi Waktu : 180 Menit

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat:
1. Membentuk model matematika dari suatu masalah program linear dua variabel dengan cermat dan benar.
2. Menyajikan grafik daerah penyelesaian dari suatu masalah program linear dua variabel dengan cermat dan teliti.
3. Menentukan nilai optimum fungsi objektif pada masalah program linear dua variabel dengan benar dan tepat.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Salam dan afirmasi serta doa
b. Apersepsi
c. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan LKPD
b. Peserta didik mengamati masalah Program Linear yang ada pada LKPD (Mengamati)
c. Peserta didik diminta untuk menemukan pemecahan masalah terhadap masalah yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun eksternal (menanya, mengeksplorasi dan mengasosisasi)
d. Peserta didik dalam mengimplementasikan rencana yang telah dikembangkan untuk membuat pemecahan masalah yang telah diberikan (mengeksplorasi dan mengasosiasi)
e. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok (mengeksplorasi dan mengasosiasi)
f. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (mengkomunikasikan)
g. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasarkan hasil kerja kelompok (mengasosiasi dan mengkomunikasikan)
h. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
i. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (mengamati dan menanya)
3. Penutup
a. Melakukan refleksi/tanya-jawab, penugasan dan informasi materi berikutnya
b. Berdoa dan salam
Penilaian
1. Tes Tertulis: menyelesaikan permasalahan program linear dua variabel
2. Tes Praktik: menerapkan program linear saat praktek kewirausahaan sekolah dalam mencari keuntungan maksimum.
Catatan:
RPP di atas di buat berdasarkan format contoh RPP singkat edaran Mendikbud No 14/2019

SOAL 3
Coba Anda telaah suatu materi pelajaran matematika yang terdapat dalam suatu buku paket matematika bahwa isinya kurang mengandung aktivitas looking back dan berpikir kreatif. Rancanglah suatu materi pelajaran matematika sehingga memuat aktivitas looking back dan berpikir kreatif!

Jawab:

Hampir semua materi pelajaran matematika yang terdapat dalam suatu buku paket matematika isinya kurang mengandung aktivitas looking back dan berfikir kreatif. Salah satu contohnya adalah materi barisan dan deret tak hingga yang terambil pada buku pegangan siswa matematika SMA kelas 11 semester 1 kurikulum 2013. Seperti yang kita lihat pada gambar di atas materi ini lebih berfokus untuk mencari solusinya, setelah dapat solusinya maka tidak akan dilanjutkan ketahap looking back. Materi barisan dan deret tak hingga juga membutuhkan kreatifitas siswa dalam menyelesaikan permasalahannya.
Rancangan soal materi barisan dan deret tak hingga agar memuat looking back dan berfikir kreatif:
Contoh 5.4

a. Tuliskan bagaimana anda memeriksa solusinya
b. Tuliskan solusi alternative apa pun yang bias anda pikirkan
c. Berikan satu adaptasi soal yang metode pengerjaannya sama dengan soal tersebut. jelaskan secara ringkas struktur solusi dari soal yang dibuat.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home